Thursday, November 27, 2008

Puluhan Kubik Kayu Tak Bertuan Diamankan

Kamis, 27 November 2008
KOTABARU,- Puluhan kubik kayu tak bertuan diamankan petugas Unit Reaksi Cepat (URC) Polres Kotabaru, kemarin (26/11). Tumpukan kayu masak itu ditemukan di kawasan Desa Megasari, Kecamatan Pulau Laut Utara, di dua tempat berbeda.

Di lokasi pertama petugas menemukan sekitar 4 kubik lebih kayu jadi di kawasan desa Megasari berjenis meranti campuran (MC). Setelah menemukan kayu di lokasi pertama, jajaran Polsek Pulau Laut Utara yang dipimpin langsung oleh kapolseknya juga berhasil menemukan tumpukan kayu di lokasi overhoul hutan Megasari. Jumlahnya lebih dari 5 kubik jenis Bilai dengan panjang rata-rata 5 meter berukuran 5 x 10 cm. Petugas tak menemukan kedua pemilik kayu tersebut.

“Untuk pemilik kayu ini kita masih lidik. Kayu-kayu yang diamankan ini masih dalam proses evakuasi ke Polsek Pulau Laut Utara di Stagen,” jelas Kapolres Kotabaru AKBP Hersom Bagus Pribadi melalui Kabag Ops AKP Joko Sulistyo yang dikonfirmasi tadi malam.

Operasi penertiban ini, lanjut Joko, merupakan rangkaian Operasi Balak Bamega 2008. Kali ini peran serta dari masyarakat turut andil dalam keberhasilan petugas memerangi aksi ilegal logging di Kotabaru. “Memang awalnya kita memperoleh informasi dari warga. Setelah dicek ternyata benar adanya. Tapi saat itu tidak ada orang pemiliknya,” jelas Joko.

Selama operasi ini dilakukan, ungkap Joko, ratusan meter kubik kayu yang diduga ilegal telah diamankan jajaran Polsek di beberapa Kecamatan. Diantaranya di kawasan Polsek Cantung dan Polsek Lontar. (ins)

No comments: