Monday, March 24, 2008

Solusi Jangka Pendek

Minggu, 16-03-2008 | 00:45:20

KEPALA Dinas Kehutanan Tabalong, Saepudin mengatakan FAKO yang menyertai kayu masyarakat resmi dikeluarkan industri pengolah yang punya nomor register. Disepakati, satu FAKO mewakili sepuluh gerobak, tapi saat membawanya cuma boleh beriringan lima-lima agar tidak terlalu panjang dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

Kendati begitu ditegaskannya, kebijakan membolehkan angkutan gerobak bermotor hanya sementara karena merupakan solusi jangka pendek.

Kebijakan dalam bentuk toleransi itu akan berakhir begitu program pemerintah tentang pengelolaan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) terealisasi.

Hanya saja, Saepudin mengaku tidak tahu kapan kepastian program Departemen Kehutanan tersebut terealisasi. Pihaknya saat ini cuma berusaha mengupayakan agar program segera terlaksana dengan mengusulkan proposal dan memantau persetujuan dari Dephut.

"Itu kan jangka pendek sampai HTR terlaksana. Nanti dari HTR mereka punya izin pengelolaan dan boleh menebang kayunya sendiri. Tapi kapan realisasinya tergantung Departemen. Kita hanya menguruskan," elaknya. (nda)

No comments: