Tuesday, December 18, 2007

Operasi Wanalaga Amankan Meranti Ilegal

Senin, 12 November 2007

Radar Banjarmasin

BANJARMASIN – Jajaran Polda Kalsel terus menggelar berbagai operasi untuk memberantas praktik illegal logging. Seperti operasi Wanalaga 2007 yang digelar sejak Kamis (9/11) sampai Sabtu (11/11) lalu di wilayah hukum Polres Tabalong. Dalam operasi yang dilakukan petugas gabungan Resmob Polda Kalsel dan petugas Polres Tabalong ini berhasil mengamankan 20 meter kubik kayu jenis Meranti yang terdiri dari plat serta kepingan. Kayu-kayu tersebut diangkut 6 buah mobil pikap dan diamankan dari kawasan Desa Kembang Kuning, Haruai dan Desa Simpang Muara, Tabalong. Sayangnya petugas hanya berhasil mengamankan 2 orang sopir dan 2 karnet, sedangkan 8 orang lainnya berhasil kabur.

Dalam operasi Wanalaga ini petugas juga melakukan penyisiran ke kawasan pertambangan PT Interek Raya yang berada di perbatasan Jaro, Tabalong, dan Muara Koman, Kabupaten Pasir, Kaltim. Di tempat ini petugas kembali mengamankan 6 mobil pikap berisikan ratusan kayu jenis Meranti ekspor.

Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Puguh Raharjo membenarkan adanya operasi Wanalaga tersebut. “Demi melakukan upaya pemberantasan illegal logging, maka Polda Kalsel menggelar operasi Wanalaga 2007 yang telah berakhir kemarin,” ujar Puguh.

Puguh pun menambahkan, operasi ini berhasil mengamankan 4 tersangka yaitu 2 sopir serta 2 kernet yang mengangkut kayu jenis Meranti tersebut. “Namun sayang, 8 tersangka lainnya berhasil melarikan diri,” pungkas Puguh. (mey)

No comments: