Monday, May 14, 2007

Jalan Batu Panggung Hancur

Senin, 14 Mei 2007 01:41

* Sejak dilewati truk pengangkut kayu

BARABAI, BPOST - Pengangkutan kayu melewati Jalan Desa Batu Panggung, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, mengakibatkan jalan yang menghubungkan desa ini ke ibukota kecamatan rusak parah.

Bani, Kepala Desa Batu Panggung menyatakan, warga tak berani protes karena pengakutan kayu ini diduga dibekingi oknum polisi. Ia mengaku sering menerima keluhan warganya mengenai aktivitas tersebut.

"Dalam sehari, yang membawa kayu gelondongan turun melewati desa kami sampai enam truk," ungkapnya. Warga yang pernah mencoba protes, lanjutnya malah ditakut-takuti cokong dengan kalimat "Kalau mencoba menghalangi akan berurusan dengan aparat berwajib, sebab kayu ini hasil penebangan sah bukan penebangan liar."

"Kami tidak mempermasalahkan itu tebangan liar atau tidak, yang kami sesalkan, kayu itu diangkut lewat jalan kami dan itu mengakibatkan jalan disini hancur," kata Bani lagi.

Untuk memastikan kayu itu bukan tebangan liar, tak jarang kata Bani truk itu turun dengan menyertakan aparat berseragam coklat lengkap dengan motor pengawalnya berplat polisi.

Pantauan BPost di Batu Panggung Sabtu (12/5) sepanjang jalan desa, aspalnya nyaris hilang tertutup tanah. Pahahal menurut warga sebelumnya jalan itu mulus beraspal.

Warga berharap masih ada apatar yang menghentikan aktivitas ini, karena untuk mengadu ke Polres HST mereka pesimis karena diduga pengangkutan itu dibekengi oknum polisi.

Kepala Kantor Kehutanan dan Lingkungan Hidup HST, M Yusri di konfirmasi mengaku belum mengetahuinya. Menurutnya, perlu mencari bukti-bukti, apa untuk memastikan penebangan liar atau tidak. Juga perlu diselidiki izin HPH (Hak Penguasaan Hutan) atau tidak.

Ditanya, jumlah pemegang izin HPH di HST, Yusri mengaku tak memegang datanya. "Ada pada staf saya, tapi orangnya ke Banjarmasin," kilahnya. Kapolres HST, AKBP Eko Krismianto hanya mengatakan, "Ya, saya akan cek dulu," ujarnya.

No comments: