Monday, April 30, 2007

Warga Mencegat Polisi Ekspor Rotan ke China Akibatkan 42.000 Pekerja Menganggur

Sabtu, 07 April 2007

Banjarmasin, Kompas - Sekitar seratus warga menghadang dan melarang polisi memeriksa 800 kayu gelondongan yang tengah ditarik 10 perahu motor di Sungai Barito, Kalimantan Selatan, Kamis (5/4). Untuk menghindari konfrontasi, polisi pun mengurungkan kegiatan penertiban kayu ilegal itu.

"Karena situasi memanas, pemeriksaan batal dilakukan. Pemeriksaan pasti akan dilakukan kembali jika situasinya sudah kondusif. Petugas memilih menegakkan hukum tanpa cara kekerasan agar tidak jatuh korban," kata Kepala Bagian Humas Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Ajun Komisaris Besar Puguh Raharjo di Banjarmasin, Jumat (6/4).

Dia menjelaskan, pemeriksaan kayu gelondongan merupakan bagian dari patroli rutin Direktorat Polisi Air (Polair) di Sungai Barito. Polisi ingin memastikan tidak ada kayu hasil tebangan liar dan diangkut tanpa dokumen.

Saat itu polisi memperoleh informasi tentang penyelundupan kayu ilegal yang disusupkan pada rakit kayu apkiran. Namun, upaya 10 polisi mencegat iring-iringan kayu yang hendak dibawa ke kawasan pengolahan kayu rakyat di Alalak, Banjarmasin, gagal.

Sekitar 100 warga yang berjaga di atas untaian ratusan kayu gelondongan menolak pemeriksaan. Alasannya, itu adalah kayu apkiran dari Kabupaten Muara Teweh, Kalimantan Tengah.

Polair akhirnya berhasil mencegat kayu yang diduga ilegal itu kemarin. Mereka menyita 200 kayu gelondongan yang ditarik lima kapal motor dari Belawang, Kabupaten Barito Kuala. Kayu tanpa dokumen tebang dan pengangkutan itu disusun dalam bentuk rumah lanting (rumah terapung) dan akan dibawa menuju kawasan industri penggergajian Alalak. "Untuk memastikan kayu termasuk apkiran atau tidak, Ditpolair Polda Kalsel akan meminta Dinas Kehutanan Barito Kuala memeriksanya," ujar Puguh.

Organisasi baru

Pengusaha rotan sepakat membentuk organisasi baru untuk memperjuangkan kepentingan produsen mebel rotan. Selama ini asosiasi yang ada, yakni Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo), dinilai tak maksimal mendukung perjuangan produsen mebel untuk mendesak pemerintah menutup keran ekspor rotan mentah.

Kesepakatan itu terbentuk dalam pertemuan pengusaha rotan, pembeli, dan pengurus Asmindo di Hotel Santika, Cirebon, Selasa malam lalu. Organisasi baru itu diberi nama Asosiasi Mebel Rotan Indonesia.

Kini terjadi banting harga yang tak sehat. "Padahal, keinginan kami, mebel rotan menjadi produk istimewa di mata pembeli," kata Hatta Sinatra, seorang pengusaha rotan di Cirebon.

42.000 menganggur

Dari Cirebon dilaporkan, para pengusaha rotan meminta pemerintah meninjau lagi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2005 yang mengizinkan ekspor bahan baku rotan. Bahan baku rotan terutama diekspor ke Vietnam dan China. Akibat ekspor bahan mentah rotan, produksi rotan Cirebon kalah bersaing dengan produksi Vietnam dan China sehingga banyak perusahaan yang gulung tikar. Sekurangnya 42.000 karyawan mebel kini menganggur dalam dua tahun terakhir.

Sobur Koswara, Direktur PT Jakarotan, mengatakan, industri mebel rotan kesulitan mendapatkan bahan baku berkualitas tinggi karena petani rotan memilih mengekspor ke China dan Vietnam.

Mebel rotan Indonesia kalah bersaing dengan mebel rotan China dan Vietnam karena harga mebel dan biaya pengapalan lebih murah dari biaya di Indonesia.

Kini ratusan produsen mebel rotan di Cirebon yang merupakan sentra mebel rotan sudah gulung tikar. Sebelumnya, di Kabupaten Cirebon saja, industri ini mampu menyerap sekitar 113.000 tenaga kerja. (FUL/CAS/NIT)

7 comments:

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]buy me a coffee photoshop, [url=http://firgonbares.net/]free adobe photoshop cs3 download[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] cheapest software anywhere reviews free software shop
buy microsoft office 2007 software [url=http://firgonbares.net/]medical office billing software[/url] to purchase computer software
[url=http://firgonbares.net/]adobe acrobat pro 9 australia[/url] quarkxpress filemaker pro
[url=http://firgonbares.net/]sell software product[/url] cheap microsoft office and
adobe acrobat 9 pro extended serial key [url=http://firgonbares.net/]free software shop[/b]

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Anonymous said...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]pc software downloads, [url=http://sunkomutors.net/]list of software resellers[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] how to price software logos software discount
discount microsoft office [url=http://sunkomutors.net/]kaspersky virus protector[/url] academic software san
[url=http://sunkomutors.net/]microsoft software tracking[/url] coreldraw x3
[url=http://sunkomutors.net/]software with academic discount[/url] online order form software
selling software [url=http://sunkomutors.net/]buy used software[/b]

Anonymous said...

World delivery gemfibrozil No prescription forzest Discount lamictal Sale viagra oral jelly Pharmacy wellbutrin Side-effects finasteride

Anonymous said...

[url=http://vioperdosas.net/][img]http://sapresodas.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]buy software to remove, [url=http://vioperdosas.net/]and shop software[/url]
[url=http://sapresodas.net/]Design Premium Mac[/url] software to buy with buy softwares
education discounted software [url=http://vioperdosas.net/]oem software wiki[/url] office enterprise 2007 keys
[url=http://vioperdosas.net/]microsoft office 2003 pro[/url] office 2007 enterprise edition
[url=http://vioperdosas.net/]Ultimate 32-bit Retail Price[/url] software for medical shop
lowest price store software [url=http://sapresodas.net/]acdsee photo[/url][/b]

Anonymous said...

Very nicce!

Anonymous said...

car cornor orix car centre ford 2728 spec pensky auto group bmw sports wagon