Thursday, April 19, 2007

Tahura Kurang Menarik Lagi

Senin, 19 Februari 2007
Radar Banjarmasin

Kawasan wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin, di Kecamatan Karang Intan, kini kondisinya sudah tidak terawat lagi. Tidak heran kalau sekarang tempat rekreasi itu kurang menarik lagi.

Hal ini dikarenakan banyaknya sarana dan prasarana untuk kenyamanan pengunjung yang rusak, bahkan bahan bangunan sarana itu hilang. Salah satunya adalah tempat peristirahat berbentuk rumah adat Banjar, yang dulunya berjejer di samping kanan jalan di lokasi Tahura. Sekarang sudah tidak terlihat lagi.

Menurut warga sekitar, lenyapnya beberapa bangunan tempat peristirahatan itu diakibatkan kebakaran lahan yang kerap terjadi pada setiap musim kemarau. Payahnya, tidak ada upaya perbaikan dari Pemkab Banjar.

“Itu dulunya ada, tapi sejak terbakar tidak dibangun lagi, padahal sangat bagus buat pengunjung. Kalau tidak diperbaki atau dibangun kembali ya.. jadinya hilang deh,” kata Irma, warga sekitar Tahura.

Selain itu, tempat untuk membuang hajat pun (WC), di Tahura juga banyak yang rusak, meskipun masih ada beberapa buah, namun sudah tidak layak pakai.

Meski keadaan tersebut sudah berlangsung cukup lama dan tidak menutup kemungkinan Tahura tidak lagi berfungsi sebagai tempat rekreasi. “Sekarang aja pengunjungnya jauh berkurang dari dulu, entah penyebabnya apa?,” ujar Irma.(spn)


No comments: