Friday, April 20, 2007

Buruh PT GM Mulai Frustasi

Rabu, 21 Maret 2007
Radar Banjarmasin


BANJARMASIN,- Kesabaran segenap buruh PT Gunung Meranti (GM) Group agaknya sudah mencapai titik nadir. Gara-gara tuntutan pembayaran tunggakan gaji selama lima bulan, yakni mulai Mei hingga September 2006 sekaligus uang pesangon, yang tak juga dibayarkan Direksi PT Gunung Meranti, para buruh pun mulai terlihat frustasi.

Karena itu sejumlah buruh PT Gunung Meranti dan PT Ata Surya ini kembali mendatangi Kantor Pusat PT Gunung Meranti di Jl Kolonel Sugiono Banjarmasin, kemarin. Mereka berniat meminta tanggung jawab langsung dari Direksi PT Gunung Meranti.

Namun buruh kembali dibuat kecewa. Pintu besi ruko Kantor PT Gunung Meranti telah tertutup rapat. Mereka frustasi. Tak puas menempel poster dan mengumpat, buruh ini mengambil batu, papan, sandal, dan semua benda keras di sekitar kantor, kemudian digunakan untuk menggedor pintu. Tapi usaha itu sia-sia saja. Pintu kantor tetap tertutup rapat dan tak ada reaksi dari dalam.

Buruh PT Gunung Meranti itu sendiri menuntut pembayaran hak mereka sebanyak 796 orang. Jika dikalkulasi, PT Gunung Meranti harus membayar sekitar Rp 15 miliar. Rinciannya, untuk pembayaran gaji 5 bulan sebesar Rp 1,3 miliar, dan kewajiban pesangon sebesar Rp 13,8 miliar.

Berbagai cara telah dilakukan buruh PT Gunung Meranti. Mulai mengadukan nasib ke DPRD Kalsel dan Pemprov Kalsel. Yang terbaru, para buruh pun melakukan gugatan ke Pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial. Namun tetap saja kenyataan pahit yang mereka dapatkan. Hak mereka tetap saja tak jelas kapan dibayar. (pur)

No comments: