Thursday, April 19, 2007

Hijaukan DAS Riam Kanan

Sabtu, 10 Februari 2007

Radar Banjarmasin

BANJARMASIN - Anggota Komisi II DPRD Kalsel Karlie Hanafi Kalianda mengaku miris dengan kian meningkatnya luasan lahan kritis di Kalsel. Apalagi, kondisi itu disaksikannya langsung di sepanjang Pegunungan Meratus.

Karena itu, dia mendesak Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel segera melakukan langkah reboisasi untuk membuat kawasan tersebut hijau lagi. Ajakan Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) itu pun bersambut. Sebagai tahap awal, Komisi II akan terlibat memberikan pengawasan reboisasi di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Waduk Riam Kanan. "Desain proyek reboisasi nantinya akan dilakukan di Balai Teknologi Reboisasi (BTR)," katanya.

Karlie pun tak ingin proyek tersebut seperti proyek reboisasi pada masa lalu. Karena tak mendapat perhatian, maka pada saat musim kemarau kawasan reboisasi itu terbakar. Atau jika telah besar, pohon-pohon tersebut malah diakui sebagai milik rakyat, kemudian ditebang sehingga lahan pun kembali kritis lagi.

Meski tak menyebutkan berapa anggaran yang diperlukan untuk reboisasi tersebut, namun dijanjikan kandidat doktor di Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya ini, akan disokong pendanaan dari APBD Kalsel. Jika reboisasi ini sudah berjalan, maka akan diperjuangkan pendanaan dari APBN. "Kita ingin pola ini terus menerus dilakukan setiap tahun. Ini pekerjaan bersama-sama," pungkasnya. (pur)

No comments: