Wednesday, March 21, 2007

Rehabilitasi Mangrove 3,4 Hektar

Sabtu, 13 Januari 2007 Radar Banjarmasin

BATULICIN,- Dua desa di Kecamatan Batulicin, yakni Desa Kersik Putih dan Desa Segumbang akan menjadi tempat rehabilitasi 3,4 hektar kawasan hutan mangrove yang dilaksanakan pada triwulan IV di tahun 2007 ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Erno Budi Handoko, mengatakan sebelumnya pada triwulan III, kawasan yang direhabilitasi sebanyak 1,4 hektar berada di Desa Kersik Putih dan dilanjutkan lagi pada triwulan IV ini seluas 2,0 hektar lahan yang akan ditanam 24 ribu pohon bakau.

“Di Desa Segumbang, rehabilitasi yang dilaksanakan pada triwulan III tidak ada. Tetapi pada triwulan IV ini akan dilaksanakan sebanyak 1,4 hektar dengan ditanam 14 ribu pohon. Dengan demikian, total pohon yang ditanam pada triwulan III dan IV berjumlah 38 ribu pohon,” jelasnya.

Dikatakannya, rehabilitasi pada kawasan mangrove ini tidak hanya dilakukan di Kecamatan Batulicin saja. Karena ada 3 kecamatan lain lagi yang juga mendapat perhatian serius dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tanbu, yakni Kecamatan Kusan Hilir (Pagatan), Sungai Loban dan Satui. Pada tiga kecamatan ini, sebut Erno, terdapat ribuan kerusakan ekosistem, rinciannya rusak berat 1.422 hektar dan rusak ringan ada 2.402 hektar.

“Rehabiltasi ini perlu dilaksanakan pada semua kecamatan di Kabupaten Tanbu. Karena dari data yang ada untuk Kecamatan Batulicin saja luas desa di kawasan pesisir 24.054 hektar dengan potensi mangrove rusak ringan 1.1135 hektar dan rusak berat 628,9 hektar,” ujarnya.

Menurutnya, rehabilitasi kawasan mangrove di empat kecamatan itu sesuai dengan program dan perencanan yang disusun sebelumnya dengan harapan dapat menumbuhkan kembali ekosistem pantai. (kry)

No comments: