Friday, March 30, 2007

Dishut Siap Perangi Asap

Selasa, 27 Februari 2007 01:39

Banjarbaru, BPost
Musim kemarau tahun ini, meski belum datang, tampaknya akan membuat Dinas Kehutanan (Dishut) bekerja ekstra keras. Serangan bencana asap yang bermula dari kebakaran lahan dan hutan di Kalsel ditarget turun hingga 50 persen.

Target tersebut dipasang Departemen Kehutanan dan tim pencegahan asap nasional. Ini seiring dengan telah diangkatnya Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Sony Partono sebagai Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

"2007 ini, asap di Kalsel ditarget harus turun 50 persen. Artinya, kebakaran lahan dan hutan harus benar-benar dikendalikan seminimal mungkin," jelas Sony.

Sony membeberkan, dari total akumulasi titik api selama beberapa tahun, diketahui bahwa kebakaran lahan kebanyakan berada di luar kawasan hutan. Melihat kenyataan tersebut, pihaknya hanya bisa berharap dan berupaya melakukan penyadaran lingkungan dengan kerjasama semua pihak.

Seperti diketahui, Kalsel masih belum lepas dari serangan bencana. Kalau musim penghujan banjir melanda di sejumlah daerah, pada musim kemarau bencana asap masih menghadang.

Selama 2006, jumlah titik api di daerah ini telah melesat bahkan melebihi temuan 2005. Setahun silam, terdapat 1.453 titik. Grafik data kumpulan titik api di Kalsel terus meningkat jauh dari kumpulan titik api sebelumnya yang kurang dari 700 titik.

Sony menjelaskan, dari rekap data hot spot di Dishut, diketahui titik api tertinggi lima tahun terakhir ditemui 2004 mencapai 2.000 titik. Sebelumnya, sejak 2002 titik api berkisar 1.000 titik dan paling rendah jumlahnya pada 2005. niz

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: