Saturday, February 17, 2007

Ratusan Batang Ulin Diamankan

abtu, 6 Januari 2007/ Radar Banjarmasin

BANJARMASIN – Operasi Intan Lestari yang telah digelar sejak beberapa tahun lalu ternyata sampai sekarang masih gencar dilakukan jajaran Polda Kalsel. Buktinya, sebuah truk yang sarat dengan muatan kayu ulin berhasil diamankan petugas Satuan III Reskrim Polda Kalsel.

Truk kayu jenis PS bernopol K 9363 MB ini diamankan petugas dari kawasan Desa Binjai Km 2,5 Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kamis (4/1) malam sekira pukul 23.30.

Sayangnya, ketika dilakukan pemeriksaan di dalam mobil truk tersebut, petugas tak berhasil menemukan sopir dan kernetnya. Diduga, kedua orang ini langsung melarikan diri ketika melihat petugas menghampiri mobil mereka.

Menurut Kasat III Reskrim Polda Kalsel AKBP Ahmad Sahury, dari hasil pemeriksaan dan perhitungan diketahui jumlah jumlah kayu ulin yang diangkut berukuran berukuran 5x7x4 dengan jumlah 150 buah. “Kami belum mengetahui siapa pemiliknya, sedangkan sopir dan kernetnya berhasil melarikan diri,” ujarnya kemarin.

Untuk memudahkan petugas dalam melakukan pemeriksaan, maka truk beserta barang bukti tersebut diamankan di Polsek Pengaron. “Nanti pemilik mobil pasti dapat dicari,” katanya lagi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, penangkapan terhadap truk pengangkut ratusan batang kayu jenis ulin itu bermula dari kecurigaan petugas melihat fisik mobil truk. Saat melintas di di kawasan Desa Binjai, petugas yang berpatroli melihat truk tersebut seperti membawa beban yang sangat berat.

Karena curiga petugas lalu menghentikan laju mobil truk ini. Rupanya, pengemudi dan kernet truk yang tidak ingin berurusan dengan aparat kepolisian ketakutan. Tanpa banyak bicara keduanya langsung melarikan diri. Meski begitu, petugas tetap menahan mobil beserta barang buktinya untuk dilakukan pemeriksaan.(gsr)

No comments: