Monday, December 25, 2006

Penghijauan Libatkan Siswa SD

Jumat, 24 Nopember 2006 01:25:22
Pelaihari, BPost
Dinas Kehutanan Tanah Laut mengintensifkan gerakan penghijauan. Sasarannya tidak hanya terbatas pada lahan dan hutan, tapi merambah hingga ke lingkungan sekolah.

Belasan guru dari 10 sekolah dasar dari beberapa kecamatan bahkan telah mulai dibekali tentang teknis penghijauan. Selama tiga hari sejak Rabu (22/11) di Balai Diklat, mereka mengikuti pembekalan bertajuk ‘kecil menanam dewasa memanen’ dari Kepala Pusat Bina Penyuluhan Kehutanan Depthut yang diwakili Indah Lestari.

Pesertanya tidak hanya para guru, tapi juga melibatkan para penyuluh kehutanan swadaya masyarakat (PKSM) dan penyuluh kehutanan lapangan. Jumlahnya 30 orang, beber Kabid Rehabilitasi Lahan dan Pembinaan Hutan Dishut Tala Ir H Akhmad Hairin.

Usai pembekalan, kegiatan penghijauan akan langsung dilaksanakan. Teknisnya diawali dengan usulan dari 10 sekolah yang telah ditunjuk untuk menyampaikan berapa jumlah bibit tanaman penghijauan yang dibutuhkan serta jenisnya.

Jumlah batang yang diusulkan disesuaikan dengan jumlah siswa masing-masing. "Konsepnya tiap siswa mendapat 5 batang bibit yang selanjutnya akan mereka tanam dan pelihara," jelas Hairin.

Kegiatan penanaman bibit akan diserahkan kepada siswa kelas 1,2 dan 3. Sedangkan siswa kelas 4,5, dan 6 mendapat tugas membuat bedeng tanam. roy

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: