Friday, December 15, 2006

Kerugian Kebakaran Hutan Rp3,6 Triliun

Minggu, 12 Nopember 2006 01:52
Mataram, BPost
Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Prof Dr Ir Suhardi mengungkapkan, kebakaran hutan dan lahan di Indonesia telah mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp3,6 triliun per tahun.

"Sementara maraknya penebangan di hutan lindung baik legal maupun ilegal, mengakibatkan hancurnya habitat dan sumber air hingga kerugiannya tak dapat dihitung," katanya di Mataram, Sabtu (11/11).

Di depan sekitar 250 orang peserta seminar Pengelolaan Hutan Dalam Menghadapi Kelestariannya, dia mengatakan, luas lahan kosong di kawasan hutan yang terbakar mencapai 31,95 juta hektare ditambah sekitar 17,28 hektare belum terdeteksi.Sementara kawasan hutan yang perlu direhabilitasi seluas 59,2 juta hektare tersebar di seluruh Tanah Air.

Dikatakan, pembukaan wilayah-wilayah baru misalnya untuk konversi status lahan, kemudian pembuatan jalan yang melewati habitat plasma di hutan lindung yang sudah sangat terbatas luasnya. Hal ini, jelas dapat mempercepat kerusakan hutan dan sumber plasma.

Untuk mengatasi ini diperlukan kesadaran untuk mengurangi terdesaknya fungsi adat untuk kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat serta fungsi hutan untuk tata air.

Pendidikan Natural Resources juga dapat mengurangi bertambahnya pengangguran karena semakin banyaknya perusahaan kayu yang ditutup atau semakin banyaknya pengangguran akibat PHK. ant

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: