Friday, November 10, 2006

Warga Tiga Desa Temui Wakil Rakyat

Radar Banjarmasin - Jumat, 3 November 2006
Desak PT Elbana Beroperasi Kembali

TANJUNG – Jika sehari sebelumnya puluhan perwakilan karyawan PT Elbana Abadi Jaya menyerbu gedung Graha Sakata DPRD Tabalong, untuk menyampaikan aspirasi agar perusahaannya dapat beroperasi sedia kala. Kemarin siang sekira pukul 11.30 Wita, giliran warga tiga desa di Kecamatan Jaro yang membawa aspirasi senada.

Berhubung Ketua DPRD Tabalong H Muchlis SH sedang berada diluar daerah “nunut” kunjungan eksekutif ke Jambi, perwakilan warga dari Desa Lano, Solan dan Garagata itu pun diterima oleh Wakil Ketua DPRD Tabalong Drs H Muhidin Said dan H Tarmiji Bey, disertai Murjani SHI, Sudarmadi SH, Nisful Taslim Noor SSos, Martun BE dan Jurni.

Sebagaimana tuntutan yang disampaikan oleh karyawan PT Elbana ketika bertemu anggota dewan, yakni meminta PT Elbana yang telah ditutup Polres Tabalong karena ditengarai melanggar hukum pidana, supaya dibuka dan dapat beroperasi kembali.

Perwakilan warga yang berasal dari aparat pemerintahan desa menyatakan keinginan yang sama. Karenanya, masyarakat maupun karyawan merasa dirugikan selama penutupan masih berlangsung. “Sejak dahulu kami sudah bekerja dan tergantung dari usaha mencari kayu, tapi penutupan PT Elbana mengakibatkan kami tidak mempunyai pekerjaan lain lagi,” kata Kades Solan, Antung Sarkani.

Seterusnya, mata pencaharian lain seperti usaha bansaw, warung teh, rumah sewa dan pasar yang sepi adalah imbas dari tidak beroperasinya perusahaan kayu ini. Otomatis, perekonomian dan kesejahteraan warga turut terganggu karena 75 % warga mencari nafkah dari usaha perkayuan.

Untuk itu, perwakilan warga tiga desa serempak mendukung agar PT Elbana dapat kembali dioperasikan. Mengenai dugaan melanggar hukum, diminta secepatnya diproses.

Muhidin Said menanggapi, pihaknya bersama Bupati Tabalong sudah membicarakan dampak dari penutupan kepada Kapolda Kalsel Halba Rubis Nugroho ketika berkunjung ke Tabalong, saat safari Ramadan 1427 Hijriyah.

“Kami dapat mengerti keinginan warga, apalagi keberadaan PT Elbana selama ini mampu meningkatkan perekonomian dan membantu kesejahteraan masyarakat. Lebih menyikapi aspirasi yang masuk, dewan merencanakan akan membentuk Pansus, sekaligus melakukan hearing dengan pihak terkait termasuk Polres Tabalong.,” kata anggota FPGolkar. (day)

No comments: