Wednesday, October 18, 2006

Kelola Hutan Pinus Bersama

Sabtu, 16 September 2006 02:39:45

Banjarbaru, BPost
Bak gayung bersambut, Walikota Banjarbaru Rudy Resnawan menyambut positif ajakan Bupati Banjar dalam pengelolaan hutan pinus.

"Pada prinsipnya kita terbuka dan setuju mengelola hutan pinus bersama agar bisa terjaga dan terpelihara," ungkap Rudy Resnawan usai bermain sepakbola antara kesebelasan Pemko dengan pihak kepolisian, TNI AU dan TNI AD, Jumat (15/9) pagi.

Rudy mengharapkan agar keberadaan hutan pinus bisa memberikan arti yang maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat Banjar maupun Banjarbaru. Apabila dikelola dengan baik, sangat dimungkinkan bisa menjadi tempat wisata, selain bisa sebagai hutan yang bisa memberikan kesejukan bagi warga.

Lantas, bagaimana konsep teknis yang diinginkan dan bakal ditawarkan Banjarbaru? Konsep pengembangannya akan dibicarakan secara khusus, ujar Rudy.

Yang jelas Pemko Banjarbaru siap duduk satu meja membahas masalah tersebut. Awalnya dibicarakan masalah konsep pengelolaan terlebih dahulu, yang lain nantinya menyusul, tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Banjar HG Khairul Saleh telah menyetujui status pengelolaan hutan pinus yang awalnya milik Pemprov Kalsel dan sudah diserahkan ke Pemkab Banjar dikelola bersama. Sementara letak aset Banjar ini terletak di Banjarbaru.

Dalam perundingan nanti, akan dibahas bagaimana pengelolaan hutan pinus dan hendak dijadikan apa hutan pinus itu.

Khairul berharap, pertemuan yang direncanakan dalam waktu dekat ini bisa membuahkan hasil dan kesepakatan. Sehingga dengan pengelolaan yang dilakukan bersama, bisa mendatangkan kontribusi bagi pemerintah daerah masing-masing.

Masyarakat menyayangkan kondisi hutan pinus yang tak terawat dan dipenuhi sampah. Kawasan itu menjadi tempat strategis untuk memadu kasih.

Sekretaris RT 04/RW 07 Banjarbaru Utara Sugiansyah mengungkapkan, hingga kini masdih ada orang membuang sampah ke kawasan hutan pinus. "Perilaku tersebut tak bisa dibiarkan, pemerintah kota hendaknya mengambil tindakan," kata Sugiansyah. niz

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: