Monday, October 23, 2006

Eks HTI Probo Panen Perdana

Radar Banjarmasin - Senin, 18 September 2006

PELAIHARI - PT Hutan Rindang Banua (PT HRB) perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI), yang menggantikan PT Menara Hutan Buana milik Probo Sutejo, Selasa (12/9) kemarin melakukan seremonial tebang perdana di Camp Kecamatan Jorong.

Direktur PT HRB Micco mengatakan, pembangunan HTI mengikuti pola daur hutan tanaman, yaitu ditanam kemudian dipanen untuk kemudian ditanam lagi, secara terencana dan berkelanjutan.

"HTI ini sudah dimulai sejak tahun 1994 dan sampai saat ini tanaman pada tahun pertama sudah berumur 12 tahun dan siap panen," ujar Micco.

Pemanenan tahun ini menurutnya, sesuai rencana kerja tahunan (RKT) yang telah disahkan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.

"Selanjutnya kayu hasil panen, akan dikirim untuk diolah menjadi serpih atau chip di pabrik chip PT Mangium Anugerah Lestari (PT MAL) di Kota Baru,"imbuhnya

Sementara itu, Bupati Tanah Laut Drs H Adriansyah mengatakan, sangat berterimakasih kepada PT Hutan Rindang Buana (HRB) karena dengan adanya Perusahaan Kayu ini diharapkan mampu menyerap Tenaga Kerja disekitar wilayah perusahaan.

"Selain itu, usaha dibidang kehutanan, juga memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah, merupakan penyangga air untuk mengurangi bencana banjir di kala musim hujan," ujarnya.

Disamping itu, PT HRB juga diminta membantu masyarakat sekitar, dengan program-program community developmentnya. Keberadaan PT HRB juga diharapkan dapat mencegah praktek ilegal loging. Mengingat masyarakat yang biasa menggantungkan hidup dari usaha kayu, bisa ditampung di perusahaan ini.

"Mari kita menjadi mitra kerja yang saling menguntungkan, antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat sekitar," ujar Aad.

Pada kesempatan itu, Aad menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk mendukung beroperasinya PT HRB disekitar desanya. Selanjutnya, disampingi kapolres Tala AKBP Drs Sumarso dan pejabat lainnya, bupati berkesempatan menyaksikan penebangan salah satu pohon akasia yang siap panen, kemudian meninjau lokasi lahan milik PT HRB.(bin)

No comments: