Tuesday, August 01, 2006

Pernyataan Bupati Kontroversial

Minggu, 30 Juli 2006 23:53:46

Martapura, BPost - Pernyataan Bupati Banjar, HG Khairul Saleh di salah satu media bahwa penyebab banjir kemarin bukan akibat aktivitas perusahaan kayu besar dinilai kontroversial. Lekawasda Kalsel bahkan berniat menggelar rapat intern untuk menyikapi masalah tersebut.

"Pernyataan Bupati kontroversial. Kami kurang sependapat kalau beliau bilang bahwa musibah banjir sudah kehendak Allah dan bukan akibat penebangan hutan di Pegunungan Meratus oleh perusahaan besar," ujar Adolf, Sekretaris Lekawasda, Kamis (27/7).

Menurutnya, segala musibah termasuk banjir memang sudah kehendak Allah, namun hal itu tentu ada sebabnya, yakni karena ulah manusia sendiri yang tidak mengindahkan kelestarian alam.

"Nah, musibah banjir kali ini sebenarnya terjadi di musim kemarau basah, dalam arti bukan di musim penghujan. Hal ini terang saja, karena vegetasi dan serapan tanah berkurang karena pohon-pohon sudah banyak yang musnah, terutama di kawasan hulu Sungai Riam Kanan," tegasnya.

Dikatakan, kurang tepat kalau Khairul membandingkan banjir Juli 2006 dengan banjir 1965 meskipun saat itu jumlah pohon masih sangat banyak. Tahun 1965 banjir bisa terjadi karena curah hujan sangat tinggi, sementara saat ini meski memasuki musim kemarau bisa terjadi banjir.adi

No comments: