Wednesday, August 02, 2006

Hutan Gundul Salah Satu Penyebab

Rabu, 02 Agustus 2006 01:16:35

Martapura, BPost - Bupati Banjar HG Khairul Saleh membantah telah mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait musibah banjir. "Yang saya maksud hutan gundul hanya salah satu penyebab dari musibah banjir ini," ujarnya, Senin (31/7).

Ketika berjumpa dengan masyarakat Karang Intan beberapa waktu lalu, pihaknya menyatakan bahwa musibah banjir disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tingginya curah hujan di bagian hulu Sungai Riam Kiwa dan Sungai Riam Kanan.

Daya serap tanah terhadap air semakin berkurang, kondisi hutan semakin gundul. Selain itu, hakikatnya, musibah ini sudah kehendak Allah, tukasnya.

Dalam pernyataannya itu, lanjut Khairul, dirinya sama sekali tidak membela PT Sumpol Timber, tidak memiliki kepentingan pribadi terhadap perusahaan HPH tersebut.

"Hanya, hutan gundul sebagai salah satu penyebab banjir itu memang harus kita akui bersama memang betul. Namun, apakah PT Sumpol sebagai penyebab gundulnya hutan, tentu saja masih memerlukan penelitian yang mendalam dan melalui proses konstitusional yang berlaku," ungkapnya.

Khairul menegaskan, pihaknya akan mendukung apa pun yang dihasilkan DPRD Banjar sebagai perwujudan perwakilan rakyat Banjar.

"Kalau dewan merekomendasikan izin PT Sumpol dicabut oleh Dirjen Kehutanan, saya akan mendukung apa yang menjadi keinginan masyarakat. Namun, kalau saya tergesa-gesa mengambil keputusan, bisa-bisa langkah saya dicap inkonstitusional dan saya bisa dituntut," katanya. adi

No comments: