Thursday, August 17, 2006

Lahan Mulai Dibakar

Banjarmasin Post; Selasa, 10 Oktober 2006 03:12:36

KOTABARU - Sejak berkurangnya intensitas curah hujan beberapa bulan yang lalu, puluhan hektare lahan hijau di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kotabaru, dibakar untuk dijadikan areal pertanian tanaman padi.

Aripin (47) warga Pantai di Kecamatan Kelumpang Selatan, mengatakan dalam beberapa pekan terakhir ini sebagian besar petani di desanya telah ramai-ramai membuka lahan dengan cara ditebang lalu dibakar.

Menebang dikeringkan lalu dibakar itu sudah menjadi kebiasaan petani di sini. Selain telah terjadi pembakaran lahan, sebagian lahan tidur di pinggir-pinggir sepanjang jalan juga terbakar secara sporadis.

Kebiasaan yang kurang baik tersebut telah dilakukan oleh petani di sejumlah daerah, seperti di Sembusur, Pulau Panci, Kecamatan Kelumpang Hilir, Sampanahan, Pamukan Selatan, Pamukan Hilir, Hampang, Kelumpang Hulu, Kelumpang Utara, serta Sungai Durian.

Tujuannya adalah menghemat biaya operasional pembukaan lahan dan lahan yang dibakar akan lebih subur sehingga menghemat pembelian pupuk. ant

No comments: