Friday, July 28, 2006

Interpol Buru Jenderal Illegal Logging

Saturday, 15 July 2006 02:34:35

Jakarta, BPost - Interpol ikut memburu Mayjen (Purn) Gusti Syaifuddin yang ‘menghilang’ pasca ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan illegal logging di Kaltim. Keterlibatan polisi internasional ini didasarkan surat permohonan Mabes Polri.

"Supaya kita tidak kecolongan. Siapa tahu dia ke luar negeri pakai nama palsu. Foto dan semuanya sudah kita kirim ke Interpol," ujar Wakadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Anton Bachrul Alam, Jumat (14/7).

Syaifuddin diduga melakukan aktivitas pembalakan liar di lahan seluas 16.600 hektare di Desa Sajau dan Lingau, Kecamatan Tanjungpalar Timur, Bulungan, Kaltim. Lahan itu dikelola PT Putra Bulungan Sakti dan CV Sanggam Jaya Abadi.

Menyinggung keberadaan Syaifuddin, Anton meyakini masih berada di Indonesia. "Kami masih meyakini di Indonesia. Kami mengirim red notice ke interpol di Lyonn, Prancis, sebagai langkah antisipasi agar tidak kecolongan. Siapa tahu dia menggunakan paspor palsu atau identitas palsu untuk melarikan ke luar negeri," ujarnya.

Keyakinan ini didasarkan hasil penelusuran ke Departeman Imigrasi belum ada paspor keluar atas nama Mayjen Gusti Syaifuddin. "Tidak tahu kalau keluarnya dengan menggunakan identitas palsu atau paspor palsu," ungkap Anton.

Menurut keterangan Anton, tim penyidik sudah mencari ke tempat-tempat yang diduga sebagai tempat persembunyian buronan itu. Tapi sampai sekarang belum ketemu. Diduga ia sengaja disembunyikan oleh jaringannya baik di dalam maupun luar negeri. "Dia ada indikasi bagian dari jaringan internasional. Selain itu, pelaku illegal logging punya dana yang besar sehingga bisa kabur ke luar negeri dengan mudah," kata Anton.

Ketika ditanya apakah ada jaringan TNI ataupun purnawiran yang melindungi keberadaannya, Anton dengan keras menyangkalnya. "Saya rasa tidak. Sampai saat ini kami tidak melihat ada indikasi tersebut. Semua pihak terbuka untuk membantu kita menemukan dia. Saya kira yang menyembunyikan adalah jaringan bisnisnya," bantahnya. dtc/JBP/ugi

1 comment:

Anonymous said...

Your website has a useful information for beginners like me.
»