Tuesday, August 19, 2008

Pelaksanaan Gerhan Dianggarkan Rp2 Miliar

18 August, 2008 09:08:00

AMUNTAI-Kepala Dinas Kehutan, Perkebunan dan Lingkungan Hidup Ir Nurhadi Riswanda Msi mengatakan, untuk tahun 2008 ini dana pelaksanaan Gerhan (gerakan rehabilitasi hutan) di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang akan dikucurkan oleh Pemerintah Pusat sebesar Rp2 miliar.

Dana sebanyak Rp2 miliar tersebut, turun ke HSU lantaran pada tahun 2007 yang lalu daerahnya juga mendapatkan dana pelaksanaan Gerhan yang besarnya sama namun tak bisa dilaksanakan lantaran banjir datangnya lebih awal, ujarnya.

Sehingga atas dasar itulah, Pemerintah Pusat kembali akan mengucurkan dana yang sempat tertunda pelaksanaannya pada tahun yang lalu, untuk dilaksanakan pada tahun 2008 ini.

Meski demikian, terkait kapan pelaksanaan itu dilakukan pihaknya masih menunggu hasil evaluasi dari tim Badan Pengawasan Daerah Aliran Sungai Barito (BPDAS) di Banjarbaru terlebih dahulu.

Nurhadi menjelaskan, mengapa harus menunggu hasil evaluasi, ini dikarenakan keadaan daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagaian besar terdiri dari daerah rawa, seperti daerah kawasan Danau Panggang, baik itu daerah rawa yang terendam secara monoton maupun seporadis, sedangkan untuk pelaksannan Gerhan harus di lokasi kawasan hutan

Jadi untuk pelaksanaan Gerhan kali ini, pihak kami masih menunggu hasil survey dari tim Bap DAS Barito dan juga mengacu kepada petunjuk teknis yang sudah diatur.

Dimana pihak Dinas Kehutanan akan mempertimbangkan kapan waktu yang pas, untuk tanam dan jenis pohon apa yang cocok untuk daerah HSU, sekaligus untuk evaluasi tingkat pertumbuhan setiap bibit tanaman yang ditanam.

Jadi berbagai kondisi dan situasi harus memang dipertimbangkan secara matang. Untuk itu dalam hal ini nantinya, tim BP DAS Barito akan melakukan survei daerah, untuk pelaksanaan Gerhan di wilayah HSU, "kalau kita melihat data yang ada, luas kawasan hutan HSU kurang lebih 51.000 hektar, termasuk dalam Hutan Produksi Konversi (HPK) yang nantinya akan menjadi areal tanam," ujarnya.

Dana yang akan dikucurkan untuk tahun 2008 sebesar Rp 2 milyar, dan kalau dilihat dari Juknis, untuk pelaksanaan Gerhan pada tahun 2008 ini ada perubahan, dimana pelaksanaannya berdasarkan hasil lelang atau melalui pola kontraktor, mengingat

No comments: