Saturday, June 02, 2007

Tim Temukan Ribuan Potong Galam

Saturday, 02 June 2007 03:55

  • BKSDA terjunkan Polhut

PELAIHARI, BPOST - Dugaan adanya perambahan hutan di kawasan Suaka Margasatwa (SM) di Sabuhur, Kecamatan Jorong menjadi kenyataan. Tim yang menyisir kawasan dilindungi itu menemukan ribuan potong kayu galam.

Sumber BPost, menuturkan jumlah kayu galam itu 9.609 potong atau 192,1080 meter kubik. Ukurannya beragam dalam bentuk gergajian atau olahan.

Dihubungi melalui saluran telepon, Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah (Banjarmasin) Siswoyo membenarkan temuan tersebut. "Ya benar. Jumlahnya cukup banyak, ribuan potong."

Kayu non ekonomis itu ditemukan tim saat turun ke lapangan, Jumat pekan lalu. Kayu ini ditemukan teronggok di dalam hutan setempat tanpa tuan.

Informasi diperoleh, para pemilik galam itu telah lebih dulu menghindar atau bersembunyi. Diperkirakan mereka telah mengendus kehadiran Tim sehingga sempat mengamankan diri.

Lantaran sulitnya akses jalan darat menuju SM Sabuhur, kayu temuan tersebut tetap dibiarkan berada di lokasi. "Cukup sulit mengevakuasinya. Apalagi jika harus lewat perairan (laut)," tukas Siswoyo.

Sekadar diketahui, jalur perairan lebih mudah untuk menjangkau SM Sabuhur. Hanya akses ini tidak bisa dilintasi setiap saat, karena jika ombak di laut besar kapal akan sulit merapat. Tim yang bergerak Kamis pekan lalu, pun tidak bisa merapat menyusul besarnya ombak sehingga keesokan harinya dilakukan melalui akses darat.

Kabarnya SM Sabuhur telah compang-camping. Kayu yang ada dikabarkan telah banyak terjarah. "Ya seperti itulah. Mana ada hutan di Kalsel yang masih utuh," ucap Siswoyo.

Pihaknya sendiri akan mengintensifkan pengawasan dan pengamaan SM Sabuhur. "Kami punya 40 personel Polhut (polisi kehutanan). Kita akan tingkatkan kegiatan patroli lapangan," ucap Siswoyo.

Polhut akan ke melakukan pengawasan ketat dan siap turun ke lapangan setiap saat. Tindakan tegas akan langsung dilakukan jika petugas Polhut mendapati para pelaku penebang liar.roy


No comments: