Wednesday, January 10, 2007

Hutan Sabuhur Dijarah

Jumat, 29 Desember 2006 02:34
Pelaihari, BPost
Hutan di kawasan resapan air di Kabupaten Tanah Laut (Tala) kembali dijarah. Kali ini giliran hutan suaka alam di Sabuhur Kecamatan Jorong yang dibabat orang tak bertanggung jawab.

Informasi diperoleh, kawasan yang dijarah setidaknya mencapai 20-an hektare. Tidak diketahui secara pasti, siapa yang melakukan penebangan tersebut. Namun kabarnya, sejak beberapa hari lalu aktivitas penebangan berhenti.

Dikonfirmasi via telepon selular, Kamis (28/12), Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Tala, Ir H Aan Purnama MP tak menepis fakta negatif tersebut. Menurutnya, di Sabuhur ada dua kawasan konservasi alam yaitu taman wisata alam seluas 1.500 ha dan suaka margasatwa 6.000 ha.

"Memang benar dua kawasan itu banyak dirambah," katanya.

Atas kejadian itu, pihaknya tidak tinggal diam. Namun yang dijarah merupakan kawasan konservasi alam, maka masalah tersebut telah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam wilayah V, Banjarbaru, sebagai penanggung jawab pengelolaan.

Mulai 2007 mendatang, pihaknya bersama Polres akan menindak tegas kepada para perambah kawasan konservasi. Namun Aan enggan merinci secara tegas jenis tindakan dan jadwal pelaksanaannya.

Kadis Perkebunan Tala Ir HA Rahman Said MP ketika dikonfirmasi menegaskan, pihaknya tidak pernah menerbitkan izin usaha perkebunan untuk wilayah Sabuhur.

Said menegaskan, pihaknya tidak akan sembarangan menerbitkan izin usaha. Tidak hanya penelitian ketat persyaratan administrasi, tetapi juga mutlak dilakukan pengecekan lokasi. roy

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: