Monday, December 25, 2006

Bimbingan Pengelolaan Hutan

Rabu, 13 Desember 2006 01:23:13
MARTAPURA - Tim Social Forestry (Sosfor) Banjar memberikan penyuluhan serta bimbingan teknis tentang tata cara pengelolaan hutan dan lahan secara baik dan benar di Desa Bancing, Kecamatan Paramasan, Sabtu (9/12).

Kasubdin Pengembangan Usaha dan Pengembangan Kehutanan Dishut Banjar, Ir H Ahmad Kosasih mengatakan, permasalahan yang paling mendasar adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat arti pentingnya hutan sebagai resapan air dan penyeimbang kehidupan.

Pengelolaan Social Forestry bisa dilakukan di hutan negara. Program itu ditujukan dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan, di samping berperan untuk melestarikan hutan.

Social Forestry juga memadukan pengelolaan hutan dengan usaha perkebunan. Kegiatan ini tentu saja diharapkan bisa bersinergi dengan lingkungan, sehingga kerusakan lingkungan yang terjadi akibat pembukaan hutan tidak lagi terjadi.

Kepala Dinas Perkebunan Banjar Ir Eddy Hasbie menambahkan, masyarakat lereng gunung dekat hutan diimbau tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan.

Pasalnya, metode pembakaran lahan sering berakibat fatal merembet ke lahan dan hutan sekitar yang sangat merugikan ekosistem hutan dan habibat di dalamnya. adi

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: