Saturday, October 14, 2006

20 Ha Gerhan Jadi Arang

Sabtu, 07 Oktober 2006 00:56:14

20 Ha Gerhan Jadi Arang

Kandangan, BPost
Puluhan hektare (ha) tanaman milik masyarakat di Tumingki, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dilalap api. Bahkan 20 hektare di antaranya adalah tanaman proyek gerakan rehabilitasi lahan dan hutan (gerhan) yang baru ditanam pada 2005.

Pantauan BPost, Jumat (6/10), ratusan pohon mahoni dan karet di areal Gerhan menghitam jadi arang.

Menurut warga, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 Wita. Api baru padam dengan sendirinya pada petang harinya sekitar pukul 18.30 Wita. BPK kesulitan memadamkan api karena sulitnya lokasi yang terdiri dari pegunungan dan kesulitan mendapatkan air.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan HSS, Ir Udi Prasetyo MP, mengakui lahan Gerhan di Tumingki terbakar. Saat ini Dishutbun membuat berita acara untuk dilaporkan kepada Dishut Provinsi Kalimantan Selatan serta bupati setempat.

Udi memperkirakan, kerugian di Tumingki mencapai Rp50 juta. Penyebab kebakaran tak diketahui secara pasti.

Bila berita acara selesai oleh Polsus Kehutanan, akan dilakukan penghapusan aset yang disaksikan unsur muspida, koramil, polsek, dan camat setempat sebagai laporan resmi hilangnya tanaman tersebut.

"Bila ingin dilakukan penanaman lagi melalui proyek Gerhan, bisa saja setelah penghapusan aset resmi. Namun masyarakat setempat harus mengusulkannya," kata Udi. ary

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: