Monday, August 07, 2006

AS Dukung Jantung Borneo

Banjarmasin Post; Minggu, 06 Agustus 2006 02:31

JAKARTA - Pelestarian hutan tropis menjadi hal yang sangat mendesak. Karenanya pemerintah Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam membuat rencana konservasi hutan tropis seluas 220 ribu kilometer persegi. Langkah ini mendapat dukungan dari pemerintah AS.

"Amerika memuji langkah itu, yang akan membantu melestarikan hutan hujan tropis yang kaya keanekaragaman hayati yang terbentang di sepanjang perbatasan antara ketiga negara dan mencakup bagian yang cukup luas dari pulau Borneo," demikian siaran pers Kedubes AS, Sabtu (5/8).

Sebelumnya Pemerintah AS berkomitmen untuk memberikan bantuan senilai 100 ribu dolar AS sebagaimana disampaikan Menlu AS Condoleezza Rice dalam konferensi pers di Kuala lumpur, Malaysia pada 28 Juli lalu.

Bantuan itu nantinya akan disalurkan melalui World Wildlife Fund (WWF) dan International Tropical Timber Organization, dengan konsultasi dari 3 negara tersebut, yang mencanangkan konservasi Jantung Borneo pada April 2006 lalu.

AS juga berkomitmen untuk membantu negara berkembang dalam meningkatkan pengurusan hutan serta manajemen hutan lestari. Serta menghentikan perdagangan ilegal satwa liar serta produk dari satwa liar tersebut. dtc

No comments: