Friday, May 21, 2010

Tiga Kawasan Hutan di HST Rawan Kebakaran

BARABAI, SENIN - Kepala Dinas Kehutanan Peternakan dan Perikanan (Hutnakan) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel, Syarkani Effendi, melalui Kabid Kehutanan, M Rudiyanto mengatakan musim kemarau ini, petugas Polisi Hutan (Polhut) dikerahkan untuk melakukan pemantauan.
"Pengerahan petugas polhut dilakukan dalam rangka upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan," ujarnya, Senin (17/5/2010).
Menurutnya, kegiatan itu merupakan program rutin yang mereka lakukan ketika menjelang dan disaat musim kemarau tiba. "Kegiatan itu termasuk dalam program pengamanan hutan. Dengan kawasan hutan seluas 49.279 Ha yang dimiliki, HST rawan terjadi kebakaran hutan," katanya.
Ia menambahkan, program itu juga meliputi pengendalian kerusakan hutan dan lahan serta penebangan. "Selain berpatroli, saat ini kita juga tengah melakukan pemetaan terhadap titik-titik rawan kebakaran," tambahnya.
Untuk kawasan hutan di HST, terdapat tiga kawasan hutan yang merupakan titik rawan kebakaran. Yaitu hutan kawasan Batang Alai Timur (BAT), Hantakan dan Haruyan.
Dengan jumlah petugas Polhut yang hanya berjumlah tujuh orang, sangat menyulitkan melakukan pengawasan secara intensif.
Karena itulah, Dishutnakan HST sejak tahun 2008 mencanangkan program pengamanan hutan berbasis masyarakat. Melalui program itu, masyarakat dilibatkan dalam upaya pengamanan hutan. Masyarakat yang dilibatkan adalah para tokoh masyarakat. Mitra dari masyarakat itu seluruhnya berjumlah 35 orang.
Dengan melibatkan masyarakat, pendekatan dan pemahaman yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih mengena. Baik tentang penebangan, pemeliharaan, pencegahan maupun penanggulangan kebakaran hutan.
Musim  kemarau, biasanya dimanfaatkan masyarakat pegunungan dan pedalaman untuk memperluas lahan. Kegiatan perluasan lahan itu mereka lakukan dengan cara membuka dan membakar hutan. Akibatnya, kebakaran hutan secara luas mungkin saja terjadi.

2 comments:

Anonymous said...

Senang bisa ketemu blog spt ini!

http://www.komisigratis.com/index.php?id=Abirara

Unknown said...

huh...memang pencinta alam nie....hehehehe Ramoaz.blogspot.com