Tuesday, June 10, 2008

Kembangkan Hutan di Tengah Kota

Sabtu, 26-04-2008 | 00:45:10

BARABAI, BPOST - Sebagai upaya menciptakan kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, menjadi hijau dengan pepohonan, Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) setempat mengembangkan hutan mini di pusat kota.

Hutan dengan areal seluas 0,1 hektare ini juga membawa misi pendidikan. Dengan 13 jenis pohon langka yang ditanam, warga, khususnya generasi muda yang belum pernah melihat pohon-pohon langka yang mulai punah, bisa datang ke hutan di Jalan Perintis Kemerdekaan, samping Mesjid Sulaha ini.

Jenis-jenis pohon yang ditanam terdiri dari angsana, mahoni, asam jawa, ketapang, jambu monyet, kayu putih, bungur, plamboyan, tanjung, petai, pinicilium, sawit, dan trembesi.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup HST, H Sabirin Tuganal, mengatakan, penanaman pohon di lokasi itu, karena lahannya berada dipusat kota, sehingga bisa menjadi hutan kota. Selain itu juga bisa memberikan suasana rindang dan mencegah erosi.

"Namun yang tidak kalah penting, pohon-pohon yang ditanam disana adalah jenis yang sudah langka. Pelajar yang ingin praktek ilmu alam atau pengenalan pohon-pohon langka tidak perlu jauh-jauh," ujar Sabirin.

Sejak ditanam tahun 2006, pohon-pohon ini sudah mulai besar dengan tinggi sekitar lima meter dan diameter batang sekitar 12 sentimeter. (yud)

No comments: